Tentang Kami

Lembaga pos pelayanan teknologi tepat guna (posyantek) CIPTA KARYA Kecamatan Serengan, dibentuk berdasarkan keputusan Walikota Surakarta, tentang pembentukan tim pengelola pos pelayanan TTG (posyantek) tingkat Kecamatan se–Kota Surakarta tahun 2016. Selanjutnya dalam perkembangannya, kepengurusan  posyantek mengalami reorganisasi pada tahun 2017 dan tahun 2018

Dasar hukum pendirian posyantek adalah instruksi presiden nomor 3 tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna dan pengaturan menteri dalam negeri nomor 20 tahun 2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna. Selain itu, lembaga  posyantek juga sangat diperlukan dalam rangka mendorong penyalahgunaan dan pengembangan teknologi tepat guna di masyarakat. Posyantek juga dapat berperan sebagai mitra kerja pemerintah yang dapat mendampingi kelompok masyarakat dan memfasilitasi antara masyarakat yang membutuhkan TTG dan sumber–sumber TTG.

Salah satu posyantek yang telah aktif dan berkembang di kota Surakarta adalah posyantek Cipta Karya di Kecamatan Serengan, posyantek Cipta Karya berjalan aktif pada tahun 2018 dan semakin meningkat di tandai dengan banyaknya kegiatan yang telah dilaksanakan dan pokmas binaan yang telah didampingi.

Sekretariat

Sekretariat posyantek berada di Jalan Kedempel 24 Kel. Danukusuman Kec. Serengan Kota Surakarta, menempati bagian bengkel mobil. Lokasi posyantek sangat strategis karena merupakan jalur utama masuk Kota Surakarta dari arah selatan, lalu lintas paling sibuk di Kota Surakarta, sehingga keberadaan posyantek mudah dikenal dan diakses semua pihak. Kantor posyantek terdiri dari ruang tamu, sekaligus ruang baca, ruang sekretariat sekaligus ruang rapat, ruang istirahat, dan ruang pamer alat – alat teknologi tepat guna, serta kamar mandi.

Perlengkapan dan peralatan sekretariat posyantek terdiri dari meja kusi tamu, komputer, meja kursi rapat, rak buku, rak pajang, papan informasi, komputer, koneksi internet/modem. Asal perolehan investaris sekretariat posyantek berasal dari hibah, pembelian dan pinjaman. Ruang pamer posyantek terdiri  dari beberapa bagian, yaitu ruang pamer TTG yang berisi alat–alat TTG hasil modifikasi dan inovasi posyantek dan ruang pamer produk hasil karya kelompok masyarakat binaan posyantek.

Sekertariat posyantek sekaligus sebagai sarana promosi bagi produk – produk hasil kelompok masyarakat di Kota Surakarta agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Layanan sekretariat dilaksanakan pada hari senin s/d jumat jam 09.00 s.d 15.00. Jadwal piket telah disusun sedemikian rupa sehingga sekretariat posyantek selalu buka dan siap menerima kunjungan konsultasi maupun jual beli produk.