Sosialisasi Posyantek di Acara Pawai Pembangunan Kota Surakarta

LAPORAN KEGIATAN

SOSIALISASI POSYANTEK DI ACARA PAWAI PEMBANGUNAN KOTA SURAKARTA

AGUSTUS 2018

Latar Belakang

Dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi Posyantek, perlu adanya sosialisasi  Kelembagaan Posyantek Kecamatan. Komitmen Pemerintah untuk melakukan pemberdayaan masyarakat melalui TTG telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna yang memberikan amanat kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melakukan pembinaan. Untuk efisiensi, efektifitasdan sinergitas pembinaan maka di tingkat Kecamatan dibentuk lembaga kemasyarakatan yang disebut pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) yang bertugas memberikan pelayanan teknis, infoemasi, promosi dan orientasi TTG kepada masyarakat dengan kepengurusan Posyantek dari unsure-unsur tokoh-tokoh masyarakat yang berdomisili di Kecamatan setempat.

Agar kelembagaan Posyantek bisa dikenal oleh masyarakat luas, perlu dilakukan sosialisasi di Kelurahan, tempat umum, atau even-event carnaval di Kota Surakarta.  Untuk dapat menyesuaikan hal tersebut dituntut bagi para anggota posyantek untuk meningkatkan kemampuanya dalam penguasaan berbagai teknologi yang dibutuhkan masyarakat karena dengan pengenalan dan pengembangan penerapan berbagai teknologi tepat guna (TTG) tersebut akan dapat membantu untuk memecahkan dan memenuhi kebutuhan dalam pengelolaan dan pengembangan usaha masyarakat.

Tujuan

Adapun Tujuan dilaksanakannya sosialisasi kelembagaan Posyantek Kecamatan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan bagi pengurus Posyantek sehingga mempunyai wawasan mengenai tugas dan fungsi posyantek dengan baik dalam memberikan pelayanan TTG kepada masyarakat sesuai dengan potensi, kondisi dan sosial budaya setempat.
  • Meningkatkan, menguatkan dan memandirikan fungsi kelembagaan Posyantek
  • Memperluas pemanfaatan TTG sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  • Meningkatkan pemberdayaan kelompok usaha yang dikelola masyarakat

Cakupan Kegiatan

  • Penguatan kapasitas kelembagaan pengurus Posyantek
  • Pelatihan peningkatan kelembagaan dan pelatihan ekonomi produktif bagi pengurus Posyantek dan anggota PKK di Kecamatan Serengan
  • Pembinaan Kinerja Posyantek
  • Sosialisasi kelembagaan posyantek agat di ketahui masyarakat luas

Hasil Kegiatan Sosialisasi Posyantek Di Acara Pawai Pembangunan Kota Surakarta Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>