Kegiatan Posyantek

  • Inventarisasi TTG

Kegiatan inventarisasi TTG dilaksanakan mulai tahun 2016 selaras dengan program Bapermas (badan pemberdayaan masyarakat) Kota Surakarta, melalui kegiatan pemetaan  TTG menuju Kecamatan berdaya saing. Hasil inventarisasi TTG yang dilaksanakan oleh posyantek telah tercantum dalam sistem administrasi pemerintah Kota Surakarta.

  • Pelayanan informasi TTG

Pelayanan informasi TTG diwujudkan dalam pembuatan workshop dan kantor posyantek, penyusunan leaflet, konsultasi peralatan TTG di posyantek maupun melalui media sosial.

  • Kursus/Pelatihan TTG

Pelatihan/kursus merupakan kegiatan yang paling banyak dilaksanakan oleh posyantek. Posyantek telah memfasiliasi pelatihan TTG berdasarkan permintaan langsung dari masyarakat secara lisan maupun dari instansi pemerintah. Mayoritas permintaan pelatihan dari masyarakat  tidak melalui surat menyurat/proposal, namun masyarakat datang secara langsung/melalui telpon ke posyantek. Selanjutnya masyarakat yang meminta bantuan pelatihan akan  mengisi  formulir permohonan.

Pokmas yang telah dilatih posyantek, memperoleh pendampingan secara berkelanjutan. Posyantek juga memfasilitasi alat–alat TTG yang dibutuhkan masyarakat, sesuai dengan jenis usaha dan kemampuan  yang dimiliki. Fasilitasi alat tersebut dalam bentuk sewa dengan perjanjian, hibah apabila masyarakat kurang mampu  dan jual beli dengan subsidi. Masyarakat  yang menerima/membeli peralatan TTG dari posyantek akan selalu mendapat pendampingan agar usaha mereka dapat berkembang dan peralatan dapat di manfaatkan secara optimal.