Kunjungan Kerja Posyantek – Dinas PP, PA dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surakarta

Gunungkidul – Kamis, 18 Mei 2017, Pkl. 10:00 WIB, Posyantek – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surakarta berkunjung ke Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gunungkidul, kunjungan bertujuan untuk menimba ilmu pengetahuan dalam rangka pembinaan UKM  di wilayah Kota Surakarta, “demikian disampaikan oleh Kabid. Pemberdayaan Masyarakat/Pengurus Posyantek Ibu Sri Sugiyanti, S.H. dalam pengantarnya. Selanjutnya ia menambahkan bahwa dari kunjungan ini supaya dapat diimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada UKM binaan, “ucapnya.

Kunjungan berjumlah 49 peserta ini terdiri dari wakil kecamatan, dinas perindustrian, UKM dan staff-pegawai Dinas PP, PA dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surakarta. Rombongan disambut oleh Kepala BPTBA LIPI Bpk. Hardi Julendra, S.Pt., M.Sc. dan langsung mengikuti paparan tentang profil lembaga, bidang keilmuan, produk hasil riset beserta pengembangannya. Paparan berisi mengenai kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEK, teknologi dan proses yang ada antara lain yaitu ; canning, olahan tempe dan kacang-kacangan, olahan ikan, mocaf dan pengembangan umbi – umbian. Tidak ketinggalan disampaikan juga mengenai kegiatan implementasi dan diseminasi BPTBA LIPI yaitu Pengembangan Griya Cokelat Nglanggeran, Program Pengembangan Kecamatan IPTEK, Kerjasama Klaster Kambing PE di Sleman dan kepesertaan BPTBA LIPI Gunungkidul dalam PUI (Pusat Unggulan IPTEK) Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional Ristekdikti Tahun 2017.

Rombongan juga memperoleh sedikit paparan dari Peneliti BPTBA LIPI Gunungkidul, Peneliti Bahan Alam Wuri Apriana yang memaparkan tentang warna-warna yang digunakan dalam pewarnaan batik, pewarna batik yang ramah lingkungan, pewarna dari tumbuhan antara lain ; kayu mahoni, intini, indigo, kulit manggis, dsb. Disampaikan juga mengenai pewarna alami, pencelupan pada batik dan teknologi tentang pewarnaan. Kemudian diteruskan dengan paparan dari Peneliti Bahan Alam BPTBA LIPI Diah Pratiwi, M.Sc. mengenai pengolahan limbah, pengolahan limbah yang aman, limbah pewarna, sisa pencucian, koagulasi, pengendapan, pemisahan dan filtrasi. Paparan terakhir disampaikan oleh Peneliti Senior Bid. Pangan Ir. M. Angwar yang memaparkan tentang keawetan pangan, cairan asam, basa dan netral yang dapat menyebabkan korosit/karat, minuman dalam hal keawetan dan penurunan/sifat bahan alam dan disampaikan juga mengenai uji umur simpan yang dilakukan pada makanan. Ir. M. Angwar juga mengingatkan untuk selalu berpegang pada prinsip : “pangan awet apabila tidak mengandung mikroba”, “katanya.

Audiensi membahas tentang ketahanan material kemasan kaleng dan produk gudeg kaleng Bu Tjitro beserta pengawetan yang tahan sampai dengan 2 tahun, “pertanyaan datang dari Bpk. Supomo. Dilanjutkan dengan pertanyaan dari Bpk. Nur Widayat, yang bertanya tentang kegiatan inkubasi terkait dengan prosedur dan pembiayannya yang bagaimana ?, “ujarnya, serta pengawet alami untuk makanan apa dan bagaimana ?, “tanyanya. Pertanyaan juga datang dari Ibu Nur Hidayah (Kampung Pengrajin Batik Lawean), bertanya tentang penyampaian materi pada batik, pengembangan batik, pencemaran lingkungan dan limbah serta teknik atau inovasi maupun yang semacamnya yang terdapat di LIPI untuk mengolah limbah.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment